Jumat, 14 Oktober 2016

Cara mudah merotasi teks (memutar teks ke kanan atau kiri) di Microsoft Word

Assalamu'alaikum wr. wb.
 Disini saya share cara mudah merotasi teks (memutar teks ke kanan atau kiri) di Microsoft Word dengan mudah. Karena untuk membuat undangan, poster, atau tugas-tugas biasanya mengharuskan untuk membuat tulisan yang tidak seperti pada uumnya. misalnya seperti tulisan kearah vertikal. Disini saya sedikit memberi tutorial bagaimana merotasi teks/tulisan. Pantengin terus blog ini ya......

1.     Buka lembar kerja MS. Word, lalu buat kotak untuk tempat teks/tulisan yang ingin dirotasi atau diputar, dengan cara klik Menu Insert – pilih shapes – dan klik gambar rectangle. Seperti gambar dibawah ini:





2.  Buat kotak sesuai panjang dan lebar tulisan yang kita buat. Untuk menambah teks/tulisan pada kotak, Klik kanan pada garis hitam dikotak lalu pilih “Add Text” , sehingga muncul garis putus-putus seperti bingkai seperti dibawah ini:

3.     Jika sudah muncul garis putus-putus seperti gambar diatas, berarti kotak sudah bisa diketik sesuai keinginan kita.



4.     Klik tepat pada garis kotak atau di dalam kotak, lalu pilih menu Format - Text Direction.



5.     Sehingga muncul gambar seperti dibawah ini. lalu Tinggal atur panjang dan lebar kotak sampai teks terlihat dengan cara tekan dan drag (tarik) bulatan biru atau kotak warna biru pada garis kotak.




6.     Supaya garis di kotak hilang, klik garis hitam pada kotak lalu pilih Menu Format - Shape Outline – No Outline.



Nah, mudah bukan untuk merotasi teks. Sengaja saya rinci satu persatu untuk mempermudah pembaca dalam mempelajari tutorialnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan saya minta maaf apabila ada kesalahan selama membuatan tulisan ini :)
Wassalamu'alaikum wr. wb.

6 komentar:

  1. bermanfaat sekali mbaa artikelnyaa...
    makasih infonya yah mbaaa.....
    sukses ngeblog nya yahhh.....
    semangatttt......

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mas, semoga artikel ini sedikit bermanfaat kepada semuanya.
      sampean juga sukses dg blog nya.
      salam blogger....

      Hapus
  2. bagaiman cara membuat miring text misal kemiringan 45 derajat apa bisa di word 2010 atau 2007, mohon penjelasannya

    BalasHapus