Sabtu, 22 Oktober 2016

Solusi bisa download lembar kerja di E-Portofolio SIM Guru Pebelajar

Didalam pengerjaan SIM GPO atau Guru Pembelajar mengalami beberapa kendala. Jika sebelumnya blog ini pernah membahas masalah login dan masalah kotak yang belum tercentang biru (tanda sesi sudah selesai dibaca). Kali ini saya bercerita kenapa tidak bisa download File lembar kerja (LK) pada E-Portofolio.
Awalnya saya mendapat keluhan dari teman saya karena akun aplikasi guru pembelajarnya (SIM GPO) tidak bisa download file di dalam E-Portofolio, contoh kendalanya seperti ini:

             Yang dilingkari merah adalah file didalam E-Portofolio yang tidak bisa didownload






                Gambar diatas adalah tampilan setelah gagal mendownload LK E-Portofolio


Kami sempat kebingungan dan bertanya kesana-kemari. Sampai sekarang saya dan teman saya belum mengetahui penyebab kenapa tidak bisa download. dan ada yang memberitahu kalau tidak bisa download lewat E-Portofolio yang berada di laman utama bisa download lembak kerja E-Portofolio yang berada di laman sebelah kanan.




Gambar diatas didalam Kolom merah adalah file-file di dalam E-Portofolio yang tidak bisa didownload. Silahkan download file yang didalam kolom kotak merah karena isinya sama saja dengan file yang tidak bisa didownload tadi. Jika masih ragu bisa dicocokkan antara judul file didalam kolom kotak merah dengan judul file yang ada di file yang tidak bisa didownload tadi.

Itu tadi adalah cara kilatnya, tetapi pada bagian lembar paling akhir di sesi 4, teman saya tetap tidak bisa download file lembar kerja. setelah bertanya ke mentornya disarankan untuk membuka semua alur di sesi. Padahal sebelumnya teman saya sudah membuka semua alurnya tetapi tetap tidak bisa. Setelah dicoba dibuka dan diikuti semua alurnya, ternyata memang ada alur yang terlewat. Semisal pada contoh alur yang ada persentase persen (%) pada alur tertentu, itu diharuskan sampai 100%. Jika semua alur sudah dibuka insya Allah sudah bisa download file LK nya. Karena saya dan teman saya sudah pernah mengalaminya.

Semoga ulasan didalam blog ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca blog saya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar